Musim di Indonesia

“Hari-hari seindah lukisan
Bagai pohon bertunas impian
Jangan janganlah kita lepaskan
Buruk kenangan dalam lukisan”

Ikan Laut (Musisi Jalanan Feat. Gigi)

Ketika saya bertanya kepada seorang anak kelas 3 Sekolah Dasar, ada berapa musim di Indonesia? Sang anak dengan lancarnya menjawab, “Ada dua! Musim kemarau dan musim hujan!”. Dia menjawab demikian karena ketika ulangan IPS hari sebelumnya, mendapatkan nilai bagus karena dia menjawab dengan jawaban tersebut. Dan hal ini sungguh disayangkan, karena ketika Anda beranjak dewasa (duh kata-katanya seperti lagu Sheila On 7, sok sok beranjak dewasa nih…), lupakan saja kata-kata tidak ilmiah di dalam kurung itu, nah kembali ke laptop topik, ketika Anda beranjak dewasa, maka Anda akan menyadari, banyak sekali musim yang terjadi di Indonesia. Tidak percaya?

Yang pertama adalah musim-musim buah. Ada musim mangga, ada musim rambutan, ada musim durian, musim belimbing, musim jambu, musim lengkeng, musim jeruk, musim sawo matang (eh ini kulit ya?), dan musim-musim buah lainnya yang saya tidak hafal, karena mungkin ada buah-buah lain yang tidak memiliki musim tapi selalu ada (jangan ngeres dulu ya). Apabila Anda tidak percaya di Indonesia memiliki musim seperti ini, maka cobalah Anda pergi ke tukang buah, dan tanyakan kapan musim mangga akan tiba, niscaya akan dijawab dengan semangat oleh tukang buah, “Ooohh… masih dua bulan lagi Pak, mau pesan dari sekarang? Boleh boleh, nanti saya hubungi Bapak kalau mangganya sudah ada… mau beri berapa truk, Pak? Blab la bla…” yang kalau tidak Anda hentikan pembicaraannya maka si tukang buah akan kumat sakit ayan-nya karena kebanyakan ngomong.

Lalu ada lagi musim-musim lain. Tidak berkaitan dengan buah pastinya. Yang pertama adalah musim film dan sinetron. Seperti yang kita tahu, persinetronan dan perfilman di Indonesia itu sangat kompak. Tampaknya rumah-rumah produksi sudah berteman sejak lama, karena sepikiran dalam mengeluarkan tema atau genre film-film dan sinetron-sinetron mereka. Sempat merebak dulu sinetron bertema hantu. Hampir seluruh stasiun televisi memiliki sinetron andalan bertema hantu. Lalu dilanjutkan oleh musim sinetron “derita kubur”, musim sinetron anak kecil, dan malah sempat musim sinetron bajakan/jiplakan, lalu sekarang ini, musim sinetron ABG. Demikian juga dengan layar lebar. Sekarang ini sedang musim film horror. Boleh dihitung tahun ini sudah ada berapa film horror yang beredar di bioskop (made in Indonesia tentunya). Jadi, kapankah akan datang musim sinetron porno? Hmmmm…

Selain itu, dalam bermusik juga orang Indonesia memiliki musimnya sendiri. Ada musim dangdut, ada musim lagu-lagu balada, ada musim band rock, dan sekarang sedang musimnya band-band melow. Bahkan dulu sewaktu jamannya orang-orang bangkotan sekarang, ada kuis Berpacu Dalam Melowdi (benar-benar melow ini kuis). Selain dalam bermusik, ternyata dalam berkuis juga sama saja. Sekarang ini, sedang musimnya kuis yang hadiahnya miliaran. Tidak percaya? Coba saja Anda liat kuis-kuis di stasiun televisi Anda, ada yang satu miliar, ada yang dua miliar, hmmm…

Namun ada beberapa musim yang mungkin hanya datang satu kali, dan tetap berlangsung sebenarnya, tapi setelah sekian lama bisa tiba-tiba saja menghilang. Contohnya, musim korupsi. Sebenarnya mungkin kegiatan perkorupsian di Indonesia masih lancar-lancar saja saat ini, dan mungkin semakin besar. Namun entah mengapa musim itu sekarang sudah tidak terdengar gaungnya lagi. Apakah karena sudah dianggap sebagai rutinitas? Siapa tahu. Lalu ada lagi musim lumpur. Cobalah Anda tengok keadaan wilayah luapan lumpur Lapindo. Ketika awal musim lumpur, berita-berita tentang Lapindo sangat sering terdengar atau terlihat. Namun saat ini, bagaikan lenyap begitu saja, padahal korban-korban dari lumpur Lapindo saat ini masih belum mendapatkan ganti rugi yang setimpal dari pemilik Lapindo (yang baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes). Bagaimana nasibnya mereka, Pak Bakrie?

Ketika orang sibuk dengan musim-musimnya sendiri, bagaimana dengan kita mahasiswa di BiNus? Kita sibuk dengan musim kita sendiri juga. Ada musim stress dan musim sensi karena banyak tugas dan skripsi. Juga ada musim mencret karena cuaca yang tidak jelas belakangan ini. Ada juga musim kebo karena memang kodrat (maksudnya tidur nggak bangun-bangun, tapi masih hidup lho…). Dan yang baru saja lewat, adalah musim razia KTP untuk mahasiswa yang tinggal di kost-kost. Ada beberapa hal yang sangat disayangkan di musim razia KTP ini. Secara pemilik kost tidak memberi tahu kepada penghuninya agar membuat surat domisili dari awal, maka mahasiswa yang tinggal di kost-kost juga tidak mengetahui akan kewajiban ini. Maklum, pendatang baru dari luar. Namun ternyata, aparat yang mungkin bisa dibilang mencari duit tambahan untuk membeli kurban nanti (gawat ini buat saya), memang benar-benar memanfaatkan peraturan ini. Saya sudah bertanya juga ke pihak universitas, dan jawaban mereka sungguh tidak memuaskan, tidak bertanggung jawab atas masalah ini karena katanya kartu mahasiswa hanya memberi identitas, bukan jaminan tinggal. Dan satu lagi, ketika salah seorang teman saya akan menebus KTP-nya yang disita, konon bila terlambat satu jam maka denda ditambah 10 ribu. Sudah jelas kan apa motif dari musim razia? Hmmm…

Apakah Anda memiliki musim-musim yang belum tercantum di sini? Silahkan menambahkannya dengan comment. Mudah-mudahan hari-hari kita tetaplah seindah lukisan, seperti lagu Ikan Laut dari Musisi Jalanan dan Gigi. Have a nice weekend!

Updated :

Barusan nonton FTV Natal : Sebuah Penantian, di salah satu stasiun televisi swasta terbesar di Indonesia, yang sudah beberapa hari belakangan dijadikan polemik bagi beberapa kalangan yang katanya bakalan jadi ajang Kristenisasi. Hasilnya, memang filmnya bagus bangetttttt…. tersentuh liatnya, bagus bagus bagus, tapi saya tidak melihat dari sisi manapun, film itu bisa dijadikan ajang Kristenisasi. Nonton film jangan pake politik deh, just enjoy it! Keren! Mudah-mudahan ditayangin lagi…

Regards,
Xander™

About these ads

13 responses to this post.

  1. g tau lek.. MUSIM UPDATE BLOG!

    kata meke waktu itu.. “ini heran eh banyak bener yang update blog hari ini”

    anton – adrian – alek – ko wandy – sapa lagi lupa 1nya –’

    Reply

  2. Musim bercinta, musim kawin dan sejenisnya :p

    Reply

  3. Posted by williamfeu on December 15, 2007 at 2:47 pm

    musim sembelih kambek :-s

    titi dj ya lek.. dah mao saatnya ne [-o<

    Reply

  4. Posted by Maydian'S on December 15, 2007 at 2:52 pm

    g dah tanya dibinusmaya ttg gitu2an lex dah dua hari nih gk ada tanggapan ckckckck payah2… >.<

    Reply

  5. Posted by alexaryo on December 15, 2007 at 4:11 pm

    hey Lex, I got one! Skripsi Season! Gotcha ! ;)

    Reply

  6. Posted by Xander™ on December 15, 2007 at 5:52 pm

    @ceru:
    masa sih? hmmm… setau gw yg update blog cuma gw ama lu hari ini…

    @raykuro:
    aih, siapa yang lagi kawin? ikutan…

    @williamfeu:
    ngumpet ahhh…

    @maydian:
    yah lu tanyanya tentang gitu2an, bukan tentang ktp… wajar lah dikacangin… kwakakakakaa… joke may jokeee….

    @alexaryo:
    itu bukannya udah gw sebutin ya?

    Reply

  7. Posted by mekeyaya on December 15, 2007 at 6:55 pm

    kata meke waktu itu.. “ini heran eh banyak bener yang update blog hari ini”

    anton – adrian – alek – ko wandy – sapa lagi lupa 1nya –’ <– jadul

    Reply

  8. Posted by Xander™ on December 15, 2007 at 6:58 pm

    nah, adrian emang pikun –’

    Reply

  9. @alek : lo ndiri ga ingat omongan itu.. yang lebih pikun sapa.. sapa yang ngomong hari ini.. –’ g mending ga ingat orangnya.. lo omongannya aja ga ingat :-”.. dasar si dagu panjang.. lemoot

    Reply

  10. Posted by zerocross on December 15, 2007 at 7:43 pm

    Musim-musiman yah ~_~

    kapan ya ada musim bagi-bagi perabot rumah tangga, musim rejeki nomplok, dan berbagai musim yang jelasnya menguntungkan :D , wakakka

    Reply

  11. Lucu banget ada namanya musim korupsi hihihihi… ^o^

    Reply

  12. Posted by Xander™ on December 19, 2007 at 1:51 am

    @zero:
    musim yg abstrak… –’

    @lisan:
    welcome… hehehehe… ya itu salah satu musim yg abadi di indo…

    Reply

  13. Posted by zRooooooo on January 26, 2008 at 7:30 am

    klo musim korupsi mah kayana terjadi sepanjang tahun, sepanjang hari, sepanjang detik deh wakakakakakka~

    Blogna keyen.. ^^ kapan sidang? hohohho

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: