Ada Apa Dengan Indonesia ( Tribute to Bali 2nd October 2005)

Mode: Merenung

Banyak sekali kejadian-kejadian yang membekas dalam hidup gw beberapa hari terakhir ini…. Ada yang membuat gw bahagia, ada juga yang membuat gw sedih… Mungkin pendapat hidup ini ada terang-gelap nya, dalam adat China mungkin disebut YinYang, memang benar… Hidup ini, memiliki dua sisi, sisi kanan dan sisi kiri, terang dan gelap, atas dan bawah, baik dan buruk, benar dan salah, panas dan dingin….
Dan gw yakin kebanyakan orang itu berpendapat demikian pula, seperti yang terlintas dalam pikiran gw saat ini.

Serentetan kejadian-kejadian tersebut, sangat mempengaruhi gw untuk berpikir. Yang pertama kenaikan harga BBM tanggal 1 Oktober lalu…. Ditetapkan bahwa harga Premium Rp.4500,- dan harga Solar Rp.4300,- sedangkan harga minyak tanah Rp.2000,- kesemuanya itu harga satu liternya. Gw juga agak kecewa, karena membuat budget gw untuk biaya bahan bakar motor bertambah. Tapi yang lebih kecewa lagi rakyat kurang mampu tentunya, soalnya dengan kenaikan harga BBM, biaya hidup pun otomatis meningkat. Yang membuat gw aneh, yang kecewa seharusnya rakyat kecil, namun yang melakukan demo adalah mahasiswa, yang konon dilandasi rasa solidaritas terhadap rakyat miskin. “Solidaritas” itu ditunjukan dengan membakar ban, merusak gedung, dll..dll… Mungkin ini salah satu kasus yang berada di tengah-tengah dua sisi hidup, berpikir benar, namun berbuat tidak benar… tidak sinkron sama sekali….

Kejadian kedua yaitu peristiwa peledakan Bom untuk kedua kalinya di pulau dewata, Bali, tanggal 2 Oktober lalu. Sungguh ngeri membayangkan ketika orang sedang menikmati makan malam di daerah Jimbaran dan Kuta Square, dan tiba-tiba ada kilatan cahaya dari belakang, dan kemudian disusul ledakan keras yang dapat menghancurkan tubuh menjadi berkeping-keping…. Perih rasanya ketika gw memikirkan ini…. Sebaik apapun tujuan pelaku, namun cara yang digunakan jelas tidak dapat dibenarkan, untuk tujuan semulia apapun!! Orang tidak bersalah kembali menjadi korban kebiadaban….
Sedih rasanya…… Kali ini, sisi buruk dan jahat lebih dominan dari sisi baik…..


Bicara soal sisi hidup, setiap orang jelas memiliki sisi gelap dan sisi terang masing-masing. Seperti gw, gw jelas memiliki sisi gelap dan juga sisi terang, namun gw bukan orang yang dengan mudah memperlihatkan sisi gelapnya. Gw lebih suka menutupinya dengan sikap-sikap yang membuat orang lain senang, sebisa mungkin. Banyak dari kenalan gw yang dapat dengan mudah memperlihatkan sisi buruk mereka, dan anehnya pun, dengan bangga, dan tanpa penyesalan, mungkin karena mereka anggap lebih berkepribadian dan lebih berpendirian. Mungkin ada benarnya pendapat mereka itu.

Mereka menjadi lebih cool dengan kepribadian yang mudah marah dan mudah tersinggung itu. Namun tidak menurut gw, sebab gw pikir, untuk mencari teman, sangatlah sulit, namun mencari musuh sangatlah mudah. Apalah tantangan mencari musuh yang mudah, dibandingkan dengan kesulitan mencari teman? Gw lebih suka menutupi amarah, sedih, perasaan tidak enak gw, dari orang-orang luar… Supaya mereka tidak usah marah, dan tidak usah tersinggung. Hadapilah hidup dengan senyum, seperti yang dikatakan oleh salah satu teman gw, Bernard a.k.a Bed

Senyum, selintas memang mudah untuk tersenyum, namun apabila teringat peristiwa bom Bali 2, mungkin perasaan perih di dada gw ini sulit untuk hilang, antara amarah dan sedih, bercampur aduk, serasa ingin memaki orang yang melakukan, dalang dari semua ini. Namun itu tentu tidaklah berguna, gw hanya ingin mendoakan, bagi pelaku, semoga dimaafkan dosa-dosanya oleh Tuhan, dan juga semoga bertobat dan kembali ke jalan yang benar.
Bagi korban, you all have my sympathy, Rest In Peace, God shall have mercy on you, and put all of you in His heaven. Tersenyumlah.

Sedikit OOT:
Hari senin kemarin, kamar kos gw di cat ulang, dengan biaya sendiri tentunya…. Ternyata pilihan orang tua memang terbaik untuk anaknya, namun belum tentu ditanggapi sebagai ‘baik’ oleh anak, seperti contohnya gw. Mama gw menyarankan kamar gw dicat dengan cat warna putih, namun gw menolaknya, karena gw pikir biru muda akan lebih keren daripada warna putih, namun apa mau dikata, cat yang gw harapkan ternyata tidak ada, jadi gw cat juga dengan warna putih… Namun hasilnya ternyata memang memuaskan, kamar gw menjadi lebih terang daripada biasanya… Thanks Mom….Ngomong-ngomong, Mama gw mau dateng ke Jakarta Sabtu nanti, mudah-mudahan tidak ada halangan ya….

Sampailah gw di akhir perenungan gw….

Ketika gw berpikir, sanggupkan kita mengampuni musuh?? Sebenarnya, hidup ini hanya memiliki 1 sisi, apabila kita memandang dengan cara positif. Baik, Panas, Terang, dst..dst.. Kenapa tidak ada Jahat? Jahat muncul karena ada yang tidak baik. Kenapa tidak ada Dingin? Dingin muncul karena kekurangan panas. Kenapa tidak ada Gelap? Gelap muncul saat tidak ada cahaya. Jadi, apabila kita berpikir positif, maka jalan hidup kita pun akan lebih jelas. Dari situ, tergantung kita akan mengarahkan hidup kita. Apakah akan didominasi dengan “baik” atau dibumbui dengan “tidak baik” alias jahat? Hanya anda yang bisa menjawabnya.

Penulis langsung tersadar karena sudah menjelang subuh, dan terdengar suara panggilan sahur (hari pertama puasa, padahal gw gak puasa….), maka tibalah saatnya untuk tidur….

Selamat pagi…….

5 responses to this post.

  1. Posted by Stewart on October 5, 2005 at 8:41 pm

    kapankah cobaan ini akan berakhir? dunia sedang mengalami suatu bencana besar. tunggu tulisan saya mengenai hal ini di HIMTIMagz edisi berikutnya…😀

    Reply

  2. Posted by Do What You Believe on October 5, 2005 at 9:18 pm

    wake me up when this disturbance ends….
    kenapa ada kajadian seperti ini??apaka ini cobaan Tuhan kepada kita??
    hope it will end soon..

    nb: lex, lu kalo nulis jangan pake lu gwlag,kurang cocok…ok??mendingan pake bahasa indonesia yang baku, pasti lebih keren..

    Reply

  3. Posted by Xander on October 5, 2005 at 9:31 pm

    @stewart: ok akan gw tunggu…

    @do what you believe: cobaan tetap tidak akan melebihi batas kemampuan kita… gw masih lom mau pake bahasa indo yang baku, soalnya ntar dikira niru, tapi nanti pasti ada saatnya… tunggu aja…

    Reply

  4. Posted by chien on October 6, 2005 at 9:51 am

    bbm naek sagala naek… te kudu di pikir ken….
    mendingan gancang2 paeh we jadi te rarieut… te apal aya bom te apal bbm naek… beres kan ??
    matak na loba2 maca buku pikasurieun jadi na te pusing…..
    bener te nyet…😀
    si do wat pasti leuwih te ngartos nya ? mani baku pisan yeh bahasa urang…

    Reply

  5. Posted by Xander on October 6, 2005 at 11:00 am

    @chien: hahahahahaha < ---- ngakak
    tapi bener juga sih, kalo terlalu banyak dipikirin, kita juga malah jadi seperti mahasiswa2 itu yang bisanya cuma demo sedangkan kuliahnya ancur2…. smile aja lah…^^

    nb: enya pasti te ngarti….

    Reply

Leave a Reply

