Arti Cinta

Mode : Kritis

Apa itu cinta?
Setiap orang berlomba-lomba mengartikan apa yang dimaksud dengan cinta. Ketika mereka merasa menemukan artinya, mereka berlomba-lomba (lagi) mempatenkan pendapat mereka tentang cinta. Ada yang bilang cinta itu kangen, ada yang bilang cinta itu perasaan di saat seseorang menemukan soul mate mereka, ada juga yang bilang bahwa cinta itu adalah anugerah Tuhan yang paling indah. Namun yang terjadi adalah, tidak ada definisi baku dalam kata “cinta”. Bahkan dalam kamus pun, anda masih saja dapat memperdebatkan definisi cinta yang tertulis di sana. Tidak percaya? Coba anda buka kamus anda, dan bedakan ketika anda melihat definisi kata “benci” dengan definisi kata “cinta”. Aku merasa yakin anda akan lebih setuju dengan definisi kata “benci” daripada definisi kata “cinta”.Cinta, yang memang sering dibicarakan dan dinanti-nantikan kedatangannya, namun sering dimanfaatkan dan disia-siakan, sulit untuk dijabarkan, apalagi untuk didefinisikan. Setiap orang hanya dapat mendefinisikan apa yang dirasakan ketika mengalami cinta, yang lebih sering disebut dengan jatuh cinta di kalangan orang muda. Namun belum ada dan mungkin tidak akan pernah ada orang yang mendefinisikan kata cinta dengan sangat tepat dan gamblang.

Ketika orang sedang jatuh cinta, maka setiap memikirkan sang pasangan (atau pun sang pujaan), hatinya selalu berdebar-debar, dia selalu khawatir terhadap keadaan pasangan atau pujaannya, dan juga akan selalu berusaha menghubunginya untuk mengetahui apa yang sedang dia kerjakan, di mana dia sedang berada, bagaimana keadaanya, dan seterusnya dan seterusnya…
Hal-hal seperti itu yang dijadikan dasar orang membuat arti atau definisi tentang cinta, hal yang aku yakini masih absurd dan buram di pemikiran mereka sendiri. Tidak setiap orang yang mendefinisikan cinta itu sudah mengalami dan berlalu lalang di dunia cinta, namun kebanyakan demikian.

Jadi apakah cinta itu hanya dirasakan kaum muda sehingga ada istilah jatuh cinta? Cinta itu universal (seperti kebanyakan perkataan orang). Setiap orang dari bayi sampai dengan manula, berhak mengalami dan merasakan cinta. Cinta seperti apakah yang mereka rasakan? Cinta dari orang tua kepada anaknya, cinta dari anak kepada orang tua, cinta dari saudara, cinta dari teman, cinta dari sesama. Itu pun merupakan cinta bukan? Namun mengapa yang diekspose kebanyakan adalah cintanya kaum muda? Karena lebih komersil? Mungkin begitu. Lihat saja di televisi dan bioskop, banyak sinetron dan film yang bertemakan cinta kaum muda, sangat ironis, mengingat banyak kaum muda sekarang mementingkan seks daripada cinta. Cinta hanya sebagai pelengkap, istilahnya.

Sekarang, apakah salah apabila aku mengatakan bahwa CINTA adalah HIDUP? Toh setiap orang juga boleh mengatakan apa saja tentang cinta. Mengapa aku juga tidak? Hidup, karena setiap orang yang mengalami cinta, adalah hidup. Hidup, karena cinta itu memberi “kehidupan”. Jadi, apakah itu cinta? Silahkan mengartikannya sesuai dengan persepsi anda, tidak ada yang salah, juga tidak ada yang benar-benar benar.

14 responses to this post.

  1. Posted by Anonymous on December 1, 2005 at 1:11 pm

    cinta t susah diungkapkan dengan kata2, kalo menurut aku cinta n sayang t memiliki makna yg berbeda..
    kalo cinta sdh pasti sayang tp kalo sayang belum tentu cinta dan ketika kita mencintai seseorang kita pasti akan memberikan yg terbaik buat org itu n berusaha mencintai org itu dgn cara yg sesempurna mungkin yg bs kita lakukan.. walaupun kt tdk akan pernah tau apakah kt akan memiliki org itu atau tdk tp asal bisa melihat org yg kt cinta terus tersenyum dan bahagia pasti akan buat hati kt ikut bahagia jg.. cinta t merupakan anugerah terindah dari TUHAN karena melalui cinta kita dapat merasakan keajaiban akan kehidupan mulai dari bahagia,sedih,sakit,menderita,dll..
    dan sayang t hampir mendekati cinta tp byk org yg salah mengartikan cinta dan sayang… cinta t terjadi karena adanya getaran hati dalam artian terjadi secara alami dan sayang terjadi karena adanya susuatu dr diri seseorg yg bs membuat kt menjadi sayang dengan org itu…

    Reply

  2. Posted by rudy mulyadi tan on December 1, 2005 at 7:13 pm

    saya kurang tahu tentang cinta. tapi menurut saya cinta itu mempunyai makna yang beraneka ragam tergantung orangnya. misalnya cinta antara orang tua dan anaknya, cinta sesama teman ,cinta seorang pacar atau suami istri. cinta itu susah diungkapkan dengan kata-kata. dan kata cinta itu tidak hanya sekedar diucapkan dari mulut saja melainkan harus dengan hati yang tulus. kita mengatakan itu cinta apabila kita memiliki rasa kasih sayang terhadap sesuatu. rasa kasih sayang yang datang dari hati yang tulus.

    Reply

  3. Posted by $hanaou on December 1, 2005 at 8:14 pm

    He? Arti Cinta yang sesungguhnya, hmm, apa yah? mungkin lbh tepatnya kita tanya Mr. Ari Lasso, kan ada lagunya tu ^^ hehehe…
    Intinya yah gt d, rasa sayang dalam kita bersosialisasi. Cinta bukan hanya antar pasangan lho, bisa kepada keluarga, kepada teman, atau kepada musuh… ada ga yah, yang cinta sama musuhnya? ada, seperti Tuhan Yesus kepada kita anak2Nya, aku jg nemuin contoh lain yaitu Bezita, yang cinta kalo nemuin musuh yang sebanding skillnya… ^__^ hahaha, lama2 jadi ga nyambung,,, hehe, ok d, gt aja… terus semangat, LEx, bikin blognya… ^o^

    Akhir kata, Pangya Menyenangkan Sekali… ~~

    Reply

  4. Posted by Xander on December 1, 2005 at 9:15 pm

    @anonymous :
    thx buat commentnya yang panjang, baru kali ini aku dapet komen panjang… :p

    @rudy tan :
    memang susah mengartikan cinta, bahkan untuk mengungkapkannya pun susah…

    @$hanaou :
    Wah, ternyata nyambung ke pangya, wkakakakakak… thx2…

    Reply

  5. Posted by Hans on December 2, 2005 at 1:05 am

    Cinta ya ? Mbok kalo kasih pertanyaan itu jangan yg susah donk… jadi ngga bisa jawab-nya…. Ralat bukan ngga bisa jawab seh tp yg pasti jawaban tiap orang tuh udah pasti bakal beda2 sesuai persepsi/kepercayaan mereka, hahahahaha….

    Beuki ngaco wae urg….
    Comment ini gw tulis waktu lagi ngantuk dan gw tulis karena di tagih oleh yg punya blog !!!

    Reply

  6. Posted by Xander on December 2, 2005 at 11:22 am

    @hans :
    walaaaa… kamu malah komplain toh…. hahahhaha… jadi sebenarnya jawabannya apa? bingung aku….

    Reply

  7. Posted by devil_666 on December 2, 2005 at 11:57 am

    kata gw seh cinta itu tidak bisa di definisikan karena bila didefinisikan bisa memuat berbagai macam arti yang sangat luas sehingga arti cinta itu sendiri berbeda satu sama lain.

    jadi cinta itu hanya bisa dirasakan saja walaupun di unkapkan hanya sebagian saja yang bisa di ungkapkan oleh kata# jadi perasaan cinta yang ada tidak sepenuh nya “keluar” dari hati.

    cinta itu merupakan perasaan yang timbul dimana adanya keinginan untuk saling mengerti dan memahami orang(bukan hanya kekasih loh..) jadi perasaan itu mengembang menjadi sebuah cinta karena dirasuki oleh macam# keadaan yg terjadi sekeliling kita baik secara fisik atau mental

    lalu menurut saya cinta itu pasti berbeda makna bagi tiap orang jadi walau pun kita mengumpulkan macam# arti cinta dari semua orang kita tidak akan mendapatkan “cinta” yang kita cari tapi hanya cerita yang terjadi di hidup dan pandangan masing# orang, jadi yang paling tahu cinta itu adalah kita sendiri yang mengalami nya sehingga kita mendapatkan arti cinta yang sesungguh nya

    jadi carilah cinta mu sendiri jangan melihat “cinta” orang lain

    Reply

  8. Posted by chien on December 2, 2005 at 6:46 pm

    bah jiga naon wae….
    jig gera bobogohan hela jadi apal arti na cinta
    cuma ngomong wae….🙂
    Cinta mang kompleks nga hanya sekedar i loph u and u loph me….
    tapi bagai mana cara kita mempertahankan nya…
    cinta mang kadang susah di definisikan
    tapi yang paling mudah adalah cara lo punya komitmen ama orang dan lo bisa setia ama thu orang…
    jadi mendingan gancangan sia jadian
    jadi bisa merasakan indah nya cinta
    dan kenikmatan…

    salam CoBol…

    Reply

  9. Posted by Xander on December 2, 2005 at 6:59 pm

    @devil 666 :
    thx

    @chien :
    bahasa anda setiap masuk blog ku emang khas, make salam cobol deui… wakkakakakaka…. walah, malahan maksa jadian… awkkakkakaka… parah2…..

    Reply

  10. Posted by PeTeR on December 2, 2005 at 8:31 pm

    Berhubung blm da bloger jadi perkenalan dolo

    Adik sepergutuan nih yang ngisi.. saha deui nu bisa sikap menerangi dunia /GG… PETER tea..!!

    Aduhhh ini yang gw demen, cinta alias lope lope.. Cinta itu rasa yang timbul dari hati kita yang paling dalem buat suka sama seseorang.. menurut gw mah ga mungkin orang pertama kali liat, kenal ato baru sebentar deket udah cinta sama orang itu.. itu mah gombse ahh.. kalo suka sih mungkin bisa ya. tapi kalo yang namanya cinta tuh bener bener ngasihi seseorang dengan sepenuh hati.. gituu..!! trus kalo yang namanya cinta cintaan suka nyambung juga ke yang namanya sex sexan tul kaga? dah ga aneh pacaran sekarang dah gigituan, di kos gw juga ada yang gigituan itu.. parah tapi nikmat eh salah sebut..huakakakakka… nah kalo kita ga bisa jaga diri mah gmn ya, cinta tuh harus sejalan dengan kesetian dan kemersraan.. kalo kemesraan lebih gede ya gitu jadinya, kalo kesetiaan lebih gede emang lebih baik tapi kadang si pasangan ngerasa jenuh..”Buat apa pacaran tapi pegangan tangan aja gak pernah” ya ibaratnya gitu lah.. pokoknya cinta itu complicated

    Reply

  11. Posted by BeD on December 5, 2005 at 2:26 am

    Cinta?!? Cinta tu murah hati, sabar, penuh kasih, tidak dendam, dll. Love is everything. Hidup tanpa cinta bagai dunia tanpa lagu. Hahahahaha. Love is Love. just it.
    Caile, yang lagi pol in loph?!?
    ehem ehem…

    Reply

  12. Posted by Wandy Eka Pranata Sang Pangeran Cinta on December 18, 2005 at 11:15 am

    Cinta adalah bagaimana melihat dia bahagia walaupun itu adalah tidak bersamanya…
    (Pangeran Cinta)

    Reply

  13. Posted by joice imute ^ _ ^ on January 25, 2008 at 9:18 pm

    cintaaaaaaaaaaaaaaaa,,,,
    cape dechhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Reply

  14. Posted by dxcuby on April 14, 2010 at 3:32 pm

    hmm~~ sepertinya ga mungkin menjelaskan nikmatnya rasa durian dengan kata2~ sama halnya dengan cinta…. kalo u mau tau tentang cinta… rasakanlah… nikmatilah…kemudian jadikanlah perasaan cinta itu sebuah kenangan terindah dalam hidupmu~~~ ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: