Menangislah Bila Ingin Menangis….

Diary

Pengumuman: UTS sudah selesai….
Akhirnya aku update lagi blog ku ini… setelah diprotes beberapa pihak…
Bukan nggak mau aku update, tapi memang belum ada bahan untuk ditulis…. atau mungkin kebanyakan bahan pun aku tidak tau….

Hmmm…. surprise, sekarang aku pindah tempat tinggal, tapi cuma beda kamar saja kok… masih satu kos… alasannya, karena aku ingin pindah ke kamar yang sejuk (baca : ber-AC),
cukup simple kan?

Kesan pertama tidur : kedinginan…..
Namun jangan takut, aku bukan ingin memamerkan kamar baruku, yang jelas emang nggak worth buat dipamerkan…

Sekarang aku ingin membahas tentang hidup… Hidup lagi, hidup lagi…. apa mau dikata, hidup ini menyimpan berjuta makna, berjuta arti, dan berjuta tujuan, untuk diungkapkan…. ada banyak sekali orang di dunia, namun hidup satu orang lah yang akan aku bahas…. tentu, hidupku sendiri… buat apa bahas hidup orang lain, kalau misalkan hidup sendiri pun tidak aku kenali….

Kini biarkan tanganku mengetik sesuai dengan instingnya….

Ketika seorang anak kecil lahir ke dunia… dia haruslah : Menangis!
Mengapa? Sebab tangis itu merupakan tanda kehidupan… jika bayi tersebut tidak menangis, maka sang dokter akan menampar bayi tersebut di bokongnya, hingga ia menangis… dengan menangis, maka orang tahu bahwa si anak lahir dengan selamat dan sehat…

Namun ketika orang sudah dewasa, apalagi bagi kaum pria, menangis itu dilarang untuk ditunjukkan di depan umum. Jika ketika lahir, tangisan itu artinya : Hidup, maka ketika sudah dewasa, tangisan itu artinya : Lemah!

Apa benar seperti itu? Bukankah itu tidak adil? Seperti kata wakil presiden di Republik BBM : “ini ilmiah….”

Ngomong-ngomong tentang Republik BBM, ini acara yang bagus banget, aku sarankan juga buat pembaca supaya mencoba menontonnya… ditayangkan setiap senin pukul 22:00 di salah satu stasiun televisi swasta di negara tetangga… ups, jadi terbawa deh…. stop dengan intermezo, lets back to the topic….

Menangis, itu merupakan suatu reaksi atas stimulus yang didapatkan dari perasaan…. seseorang akan menangis ketika dia merasa teramat sedih, ataupun ketika dia merasa teramat bahagia…. tangis itu merupakan suatu pelampiasan atas perasaan yang extrim, dengan cara yang paling mudah…. namun mengapa hal itu dibuat aturannya? Mengapa pria tidak boleh menangis di depan orang, karena katanya itu memalukan? Kenapa wanita boleh? Tanya kenapaaa???

Dengan menangis, orang dapat melegakan beban hidupnya sedikit… dengan menangis, orang dapat menghilangkan kekesalan dalam hatinya, dengan menangis orang dapat mencurahkan kebahagiaan yang teramat sangat pada saat itu….

Efek samping dari aturan tersebut, bahwa pria dilarang menangis, adalah pria menjadi destruktif…. pria akan memakai cara kekerasan untuk melampiaskan emosinya…. seperti kata wapres Republik BBM lagi : “ini ilmiah….”

Aku sendiri, kadang kala mengalami suatu saat, ketika beban ini rasanya sangatlah berat… tidak ada teman buat berbagi, tidak ada ruang untuk mencurahkan, tidak ada seseorang untuk mendengarkan, mau teriak tapi takut mengganggu tetangga satu kos…

Aku jadi bingung, apa yang dapat aku lakukan, kalo hal itu terjadi lagi, waktu aku gak bisa ngapa-ngapain, waktu aku merasa kok beban hidup ini berat banget…. aku pernah mencoba berdoa sama Tuhan, it does works… tapi baru bisa berdoa itu ketika udah mulai reda, udah mulai bisa tenang, udah mulai bisa berpikir jernih….

All can I do is just give it all my best… and let them flow with time…

Last:
Aku mau ngucapin selamat ulang tahun buat yang berulang tahun bulan ini, terutama buat dedeku di Tasik, hope u’ll get the best. Juga buat temen-temen yang ultah bulan mei ini…

That’s it for now…. sampai jumpa di lain kesempatan…. jangan lupa juga ingetin aku buat update lagi…. thanks 4 appreciation….

Regards,

Xander

8 responses to this post.

  1. Posted by Hans on May 3, 2006 at 12:14 pm

    Ngga tau mo comment apa ttg topik kali ini, tp yg gw setuju adalah UTS memang sudah selesai sudah mencium bau kebebasan dari yg namanya menghapal dan belajar….

    Menangislah kalo mau jangan ditahan-tahan tidak bagus…. buat kesehatan…

    Salah kalo bilang menangis itu menunjukan kita lemah, tp menangis itu menunjukan bahwa kita punya perasaan, ada juga koq tangis bahagia ngga harus yg sedih2…

    Udah dulu ah, baru pertama kali bikin comment panjang kaya gini…

    Bubye…

    Reply

  2. Posted by Xander on May 3, 2006 at 1:56 pm

    @hans:
    tenang, ini masih termasuk pendek kok… ada yg lebih panjang dari lu… hahahaha…

    Reply

  3. Posted by Wandy Eka Pranata Sang Pangeran Cinta on May 3, 2006 at 6:15 pm

    <--- salah satu comment terpanjang...

    Reply

  4. Posted by Mel on May 3, 2006 at 9:33 pm

    setau mel, yang pake acara tampar bayi itu cuma di indo doang… beneran deh…
    mungkin itu juga sebabnya orang indo banyak yang masokis… abis dari bayi udah ditamparin…
    hehehe

    tapi mel juga ga stuju bahwa cowo menangis itu lemah… asal ga keseringan aja… ntar ketusuk paku nangis, nonton drama korea nangis, ada masalah dikit nangis… jadi diragukan juga dia cowo atau bukan…

    Reply

  5. Posted by BeD on May 3, 2006 at 10:33 pm

    halo xander… hm… nangis ya… kapan ya terakhir gue nangis… ketika gue punya masalah yang sudah tidak tertahankan… ughhhh curhat ama cici angkat gue… hehe dan entah kenapa… tiba-tiba tuh aer mata jatoh… hehe tapi biasanya dan udah terbukti ( ama gue ) klo abis nangis tuh, perasaan kita jadi tambah enak… coba de… hehe cowok nangis = lemah, gue cuma bisa bilang munafik… hehhe
    thanks yah ucapannya… hehe
    c u…
    ^o^

    Reply

  6. Posted by Xander on May 3, 2006 at 11:05 pm

    @wandy eka pranata:
    sekarang jadi salah satu yg terpendek…

    @mel:
    hmmm… masa sih cuma di indo? baru tau gw… hehehehe…

    @bed:
    gw setuju ama lu bed… sama2… hehehehe.

    Reply

  7. Posted by Mel on May 5, 2006 at 8:55 am

    iya… ada yang perna bilang ke mel… kalo di luar itu, bayi lahir sebisa mungkin dalam keadaan tenang…
    tapi bedanya adalah dari cara pengasuhannya… mungkin setelah agak besar mereka dibolehin ngungkapin perasaanya dengan lebih bebas, salah satunya ya dengan nangis itu…. hehehehe
    ga tau juga sih…tapi kasian kan kalo bayi lahir digebukin…

    Reply

  8. Posted by Xander on May 5, 2006 at 9:13 pm

    @mel:
    oooo…. baru tau tuh… hehehe….

    Reply

Leave a Reply

