The Way We Work

After a long wait and a lot of changes in this life after my thesis defense, tomorrow I will sign my job contract. It’s not fun at all to wait for something. So, you can say, I hate waiting. But then, if we wait for something that worth to wait, why not?

Tepat jam 2 siang esok hari, saya bersama beberapa teman akan berada di kantor AdIns untuk dipresentasikan tentang kontrak kerja dan juga tentu untuk menandatangani kontrak. Hingga saat ini saya merasa sangat yakin bahwa saya akan menandatangani kontrak tersebut, dan saya berharap keyakinan saya akan juga dilanjutkan dengan kerja keras dan dedikasi saya dalam bekerja, khususnya di masa training nanti. Mengapa saya merasa yakin saya bakal menandatangani kontrak tersebut secepatnya? Karena saya sudah bosan dengan status sebagai pengangguran. Setiap hari kerjanya hanya makan dan tidur, sesekali nonton, dan sesekali jalan-jalan, kadang-kadang ngelindur sedikit. Lama-lama status saya beralih menjadi kebo murni daripada kambing. Tidak naik derajat itu namanya. *LOL

Dalam dunia kerja, terdapat siklus yang tidak dapat dielakkan, yang tua pensiun dan diganti dengan yang muda. Karena saya sangat menyukai sepakbola, maka saya akan memakai istilah-istilah dalam bidang sepakbola untuk membahasnya. Peremajaan. Hal ini terdapat juga di dunia sepakbola, secara hal ini juga terjadi di dunia kerja. Contohnya AC Milan, tim bertabur bintang-bintang yang kebanyakan sudah berumur alias gaek, tersingkir dari ajang Liga Champion oleh tim bertaburan bintang muda “Young GunsArsenal. Dari sini bisa diumpamakan, yang tua akan kalah dengan yang muda. Kita sebagai kaum muda boleh bersenang hati karena ini, karena nantinya toh kita yang akan menggantikan yang tua. Namun apakah ketika kita berada di posisi yang tua nanti, akan dengan mudahnya juga digantikan oleh yang muda?

Dalam hal ini saya harap tidak. Sebenarnya “gaek” pun dapat bersaing dengan “young guns”. Dalam dunia kerja, semakin banyak kita bergelut dengan bidang yang kita hadapi, semakin banyak juga pengalaman yang diperoleh toh? Sama halnya dengan di sepakbola. Pengalaman dapat menentukan hasil akhir dari pertandingan, selain memang fisik yang berpengaruh. Dari sini saya mengelompokkan dua tipe worker dengan ilustrasi dua tipe pemain bola.

  1. Yang pertama adalah tipe pemain/worker yang tidak belajar dari pengalaman. Ketika usia mulai menua, pemain tipe ini tidak mencoba mengganti cara bermainnya, selalu percaya dengan kekuatan fisiknya, yang semakin lama semakin memudar. Tipe pemain seperti ini tidaklah berumur panjang (dalam karir loh maksudnya, bukan usia ya…). Contoh pemain seperti ini mungkin adalah Michael Owen, Albelda, dan banyak lagi. Ketika kondisi fisik menurun maka permainannya sudah tidak bagus lagi. Demikian dengan di dunia kerja. Pekerja jenis ini terlalu percaya diri dengan kemampuannya di awal sehingga tidak belajar banyak, ketika menemui sesuatu yang baru dia kelimpungan karena tidak dapat bersaing dengan yang muda.
  2. Yang kedua adalah tipe pemain/worker yang belajar dari pengalaman. Meskipun usia sudah mulai tua, namun dengan pengalaman yang dimiliki, tidak lagi terlalu mengandalkan fisik semata namun juga memiliki cara bermain yang cerdik. Dengan begitu dia masih dapat eksis di dunia sepakbola. Contoh pemain seperti itu adalah Del Piero, Ryan Giggs, Maldini, dan tentu saja si gaek Teddy Sheringham yang masih bermain di level atas hingga usia 40. Dalam dunia kerja, tipe ini selalu mau belajar lagi dan lagi, meskipun dirinya sudah mendapatkan jabatan atau kompensasi yang cukup. Dengan itu, pengalaman yang dimilikinya akan bertambah dan bertambah, sehingga tidak akan kalah oleh kaum muda pendatang.

Dari kedua jenis/tipe di atas, tentu saya ingin menjadi seperti yang kedua. Bukan karena idola saya Del Piero juga masuk tipe kedua, namun karena saya mau karir saya berjalan panjang, tidak hanya sebentar saja. Saya ingin terus dapat bersaing, memiliki daya kompetitif yang tinggi, tidak hanya menjadi gebrakan sesaat yang mungkin memuaskan namun cepat berlalu. Oleh karena itu, dengan pilihan karir yang saya tentukan ini, saya harap saya dapat banyak belajar, dapat banyak menuai pengalaman, sehingga menjadi bekal yang sangat berharga bagi masa depan kelak.

Semoga pilihan karir yang saya ambil dan juga teman-teman ambil tidaklah membuat kita berhenti belajar, karena belajar itu seharusnya kita lakukan hingga akhir hayat kita. Untuk teman-teman yang belum diterima kerja, tetaplah berusaha, bagi yang masih bingung menentukan pilihan, berdoalah supaya Tuhan membantu menentukan pilihan yang terbaik, saya akan bantu juga dalam doa. God bless you all!

 

Regards,

Xander™

7 responses to this post.

  1. Posted by Silvia Kurniasari on March 13, 2008 at 11:32 pm

    yg pertama komen y ni
    hmmm…menunggu y
    akir2 ini aku dapet pelajaran kl menunggu itu bisa ada kemgknan bakal dapet akir yg ga enak n mengecewakan

    dan mgkn saat ini aku lg kapok sama hal yg nama nya menunggu
    hahaha
    congratz buat kalian yg bsk tanda tangan kontrak

    Reply

  2. Posted by zerocross on March 13, 2008 at 11:32 pm

    uogh
    maunya sih tetap muda dan berskill tinggi -_-
    wkwkwk

    berarti mulai sekarang persiapin diri buat hari tua nanti -_-

    gudluck buat tandatangan kontrak kerjanya :-s

    Reply

  3. Posted by Xander™ on March 13, 2008 at 11:37 pm

    @Silvi:
    menunggu kan ada situasinya, di mana harus menunggu dan di mana nggak perlu nunggu, so liat2 sikon aja… hahahahah… yup, sekarang kondisi kamu bukan harus nunggu kok, hajar aja kesempatan di depan mata cil, semangat2….
    thx thx…

    @Alpin:
    nah itu dia pin, mo tetep muda n pinter gimana caranya ya, ada ramuannya ga ya… hoohohoho… thx thx…

    Reply

  4. well.. belajar lalo dibayar lagi.. apa yang ga enak haha..

    pesan g se.. tau kan pas presentasi kay agimana katanya bakal saling bersaing untuk lebih dari orang lain.. kalian temen2 harus tetep deket dan jangan saling jatuhin.. bersaing secara sehat🙂.. incar kepala kojek semua kwoakakaka…

    Reply

  5. Gw denger2 dah tanda tangan ya? Congratz ya ^^

    Tuh kayak yg dibilang adrian, enak makan gaji buta😀 Tapi ya kalo ga ada kerjaan ya ujung2nya bosen.

    Keep fight and success to us all.

    Reply

  6. Posted by chien on March 15, 2008 at 9:18 am

    selamat masuk ke dunia kerja😀

    Reply

  7. Posted by Xander™ on March 15, 2008 at 9:58 am

    @Adrian:
    roger that, kita incar kepala kojek… hahahahha…

    @Stew:
    sep sep, success for u 2… hari ini ke sg kan, selamat menemui pengalaman2 baru yg lebih menantang…

    @chien:
    sep sep, kamsia kamsia…😀

    Reply

Leave a Reply

