Alexander: The (Great) Goat

Sepertinya syndrome malas blogging sudah mulai hinggap nih, rasanya malas sekali untuk sekedar ngetik di MsWord lalu co-pas ke blog, padahal banyak sekali ide berseliweran di otak saya selama ini. Dan topik saya kali ini tidak lain dan tidak bukan, adalah mengenai diri saya sendiri.

Nama saya Alexander diambil dari nama seorang kaisar romawi yang terkenal hebat: Alexander The Great. Entah kenapa saat ini saya juga dikenal dengan julukan yang serupa tapi tak sama: Alexander The Goat. Mirip kan? Tapi nasibnya sungguh berbeda. Saya bersyukur saya tidak menyamai “The Great” karena itu tidak sesuai dengan hati nurani saya. Kenapa? Karena Alexander The Great itu homo. Nggak percaya? Liat filmnya.

Training ACE sudah berjalan hampir dua bulan. Banyak hal terjadi, banyak pengalaman baru yang menarik maupun yang tidak menarik. Minggu lalu, kami menjalani Psychology Assessment. Psikotest yang dilakukan mirip dengan apa yang saya lakukan ketika test masuk ACE di BCA. Namun kali ini tidak ada test IQ sama sekali, hanya test kepribadian dan tentu saja yang sangat berkesan: Paulie Test. Bagi Anda yang tidak mengetahui apa itu Paulie Test, itu adalah suatu test untuk mencari tahu seberapa tinggi konsentrasi dan konsistensi Anda, dengan mengisi penjumlahan bilangan yang tertera pada selembar kertas besar (sebesar kertas koran sepertinya) secepat mungkin dan sestabil mungkin. And that’s really tiring, I mean it!

Besoknya, kami menjalani diskusi kelompok, dan terdapat persoalan seperti ini: Ada suatu negara sedang dilanda perang, dan akan hancur. Kita diminta untuk memilih 6 orang dari 12 orang yang tersisa untuk masuk ke dalam bunker (karena bunkernya hanya muat 6 orang saja) untuk membangun negara pasca perang, dengan asumsi sisanya tidak ada lagi. Ke-12 orang tersebut adalah…

  1. Seorang ahli fisika, 38 tahun, rasis.
  2. Instruktur ketentaraan.
  3. Ahli pangan, militan.
  4. Bintang film, 19 tahun, muda, cantik dan manja.
  5. Atlit olimpiade, semua cabang, 20 tahun.
  6. Gadis, 16 tahun, hamil, tingkat kecerdasan dipertanyakan.
  7. Pemuka Agama, 30 tahun, tampan, tidak menikah.
  8. Mahasiswa kedokteran tahun ketiga, homoseksual.
  9. Perawat medan perang, bidan, orientasi seksual tidak jelas.
  10. Arsitek, wanita, 30 tahun.
  11. Tukang kayu terampil, namun terlibat dalam peredaran obat terlarang, dihukum penjara 7 tahun. Baru keluar 3 bulan.
  12. Tukang kayu pemula, 15 tahun.

I’ve got my answer, and we (in a group) also have. Bagaimana dengan Anda?

Setelah test ini, kami diinterview satu per satu. Baru kali ini saya menjalani interview selama ini. Satu orang rata-rata selama satu jam lebih. Dan ada satu hal yang saya dapat dari situ, saya orangnya kurang ambisius (kata Ibu Psikolog). Dari situ saya menjadi aware apa yang harus saya ubah dari diri saya, dan apa yang harus saya pertahankan. Saya merasa saya menjadi lebih mengenal diri sendiri, jadi lebih mengetahui apa yang sebenarnya saya inginkan. Langkah selanjutnya tinggal melanjutkan usaha yang telah dilakukan, dengan lebih percaya diri dan lebih rajin lagi. Dan itu sulit…

Hari Kamis kemarin kami menjalani Comprehensive Exercise. Istilahnya UTS lah… bahan yang ditest adalah dari RDBMS hingga PL-SQL dari Oracle Database. Banyak sekali memang bahannya. Testnya sendiri berjalan biasa saja, saya bisa mengerjakan sebagian besar soal, namun karena ini sistemnya kurva normal, maka nilainya nanti bisa-bisa tidak sesuai harapan. Seperti tiga nilai yang sudah keluar, saya tidak mendapatkan nilai yang bagus, just average. But then, hal itu patut disyukuri karena itulah hasil saya. Thanks God saya tidak dapat E.

Setelah mengalami kegilaan sementara setelah Comprehensive Exercise, kegilaan harus ditambah lagi dengan Mainframe Test yang pertama, dua hari setelahnya. Dan kali ini, kami belajar bersama di kelas, tidak pulang, alias menginap. Di Jum’at malam yang sunyi (jelas sunyi, malam-malam di kantor kan tidak ada siapa-siapa), kami mulai belajar teori-teori mainframe yang sebelumnya kami anggap teori dewa, setelah sebelumnya diselingi dengan nonton bareng Piala Thomas (Indonesia kalah, sayang sekali), dan Indonesian Idol. Belajar berlangsung cukup sengit, dengan tutor kali ini adalah salah satu teman yang paling mengerti mainframe di kelas, dan banyak interupsi nggak jelas dari peserta (kok kayak sidang ya?).

Akhirnya belajar selesai sekitar jam setengah dua pagi. Dan setelah beberapa orang pulang, sisanya tertidur seperti ikan asin (berjejer gitu lho…). Test pagi itu berjalan cukup lancar, namun hasilnya belum dapat ditebak, karena memang menggunakan kurva normal itu tadi. Hanya berharap kali ini saya bisa mendapatkan yang lebih baik dari kemarin, dan tentu, lebih baik dari yang lain *LOL… Namun yang berat bukan hanya itu, menahan kantuk yang teramat sangat itu juga sangat sulit. Siang itu hingga sorenya, bahkan ketika saya duduk tegak saja saya dapat tertidur… gawat sekali…

Bulan ini ada satu orang di kelas yang berulang tahun, Willindra dari Yogyakarta. Selamat ulang tahun Willi, jangan berharap engkau akan selamat dari siksaan ulang tahun, tunggu saja tanggal mainnya hahahaha…

Hmmm… ada satu hal lagi yang saya dapatkan bulan ini, pengalaman untuk diri saya sendiri. Ternyata, saya sangat tidak suka dengan yang namanya terlambat. Padahal dulu waktu kecil, saya sering sekali dimarahi oleh ibu saya sendiri, karena saya dulu termasuk orang yang lelet, lambat, dan karena itu, sering terlambat. Tapi hal itu saya syukuri teramat sangat, karena sekarang ini, saya sangat amat tidak suka dengan yang namanya terlambat. Beberapa hal sempat terjadi mengenai keterlambatan, dan saya sempat kesal karena hal itu, namun saya harap semua juga menjadi aware tentang ini, karena peraturan di kantor pun sangat strict tentang keterlambatan. Jika bisa lebih dulu, mengapa harus terlambat?

Semua hal baru yang telah saya alami ini, baik atau buruk, membangun diri saya, yang saya harap berjalan ke arah yang lebih baik, sehingga Alexander The Goat tidak sebatas itu, namun juga mungkin suatu saat akan berubah menjadi Alexander The Great Goat. Kecuali hal homonya tentu saja, saya masih menyukai kaum wanita… hahahahahaha…

Terakhir, saya mau promosi suatu situs tentang teknologi baru, namanya www.disitu.com, stands for Digital Site for Technology Update. Banyak hal yang dapat Anda temukan di sana, dari gadget-gadget baru, event-event teknologi, berbagai keunikan, dan berita-berita seputar IT, semuanya dikemas dalam bahasa Indonesia, dan dikutip dari berbagai sumber. Jadi, bila Anda tertarik, silahkan datang melihat-lihat… hehehehe…

Sebuah lagu untuk menutup posting kali ini, lagu nostalgia kesukaan salah seorang teman saya, Aryo. When you say nothing at all… linknya disini.


Regards,
Xander™

9 responses to this post.

  1. waduh sibuk ya xander, udah gak ada waktu ni buat ngeblog lagi.

    jangan gitu donk, sesibuk2nya kita harus tetep mencuri waktu buat ngeblog😀

    wew..gua males ah mikirin soal test lu hihihi..
    emang itu ada jawaban pastinya ya?

    Reply

  2. Posted by Xander™ on May 18, 2008 at 3:04 pm

    hahahaha ada waktu sih…
    cuma malasnya itu…
    iya sekarang diusahain ga malas lagi buat ngeblog :p

    ada jawaban pastinya…
    ada salah n benernya itu… hahahahaha… itu mencerminkan kepribadian juga sih…

    Reply

  3. lah, bukannya lu juga homo ya? Homo sapiens kan. hehehe… anyway, good luck deh buat ujian2nya, moga2 nilai2 lu makin ke kanan di kurva normalnya ^^

    Reply

  4. Posted by Xander™ on May 19, 2008 at 9:30 am

    hahahahah bisa aja ste…
    makasih makasih… doain aja ya😛

    Reply

  5. testnya menarik bener :-s.. g juga pengen.. anyway kenapa bisa lo dibilang kuran ambisius dari tuh tes… kan ada analisanya pasti.. lo pilih apa aja?

    Reply

  6. testnya menarik bener :-s.. g juga pengen.. anyway kenapa bisa lo dibilang kuran ambisius dari tuh tes… kan ada analisanya pasti.. lo pilih apa aja?

    Reply

  7. Posted by Xander™ on May 20, 2008 at 2:20 pm

    wah sampe dua kali post dri, saking ngefansnya sama gw ya… hihihihihi…
    bukan, karena gw ga terlalu ngotot memperjuangkan pilihan gw di kelompok… gara2 itu kok… pilihan gw? jangan dipublikasikan di sini lah ya? hohohoho… confidential ah…

    Reply

  8. hmmmm… no comment

    *tapi komen, ga jelas mode on

    Reply

  9. wah..rasanya repot banget ya mau masuk kerja..ditest inilah ditest itulah…hmm, bentar lagi saya mau kerja…ada saran?

    Reply

Leave a Reply

