Hidup = Petualangan

Hari Kamis 16 Oktober 2008 hampir berlalu ketika kata-kata ini diketik-kan, dan satu hari pun akan resmi terlewati. Usia bertambah, digit waktu hidup kita di dunia pun terus bertambah tanpa pernah ada ‘pause’, karena waktu tak pernah berhenti bergulir. Kembali dan tak bosan-bosannya, saya membahas tentang kehidupan di blog ini. Kehidupan, hidup, memang merupakan topik yang tak akan habis dibahas, karena waktu tak pernah berhenti.

Hidup adalah sebuah petualangan. Life is an adventure. Sudah sering kan kita mendengar kata-kata atau slogan di atas. Memang hidup adalah sebuah petualangan, dan itu yang akan dibahas saat ini. Petualangan seperti apa yang muncul dalam hidup? Apakah kita dapat memilih petualangan apa yang akan kita hadapi seperti pada game RPG?

Petualangan hidup itu dimulai ketika kita dilahirkan. Tidak ada yang bisa memilih akan menjadi anak siapa, hidup dalam keluarga yang seperti apa, memiliki wajah seperti apa, bakat apa yang dimiliki, dan kehidupan apa yang akan dijalani. Semua itu seperti undian lotere, yang beruntung dapat hidup enak, yang tidak beruntung hidup melarat. Begitulah kasarnya. Saya tidak meminta dilahirkan di keluarga seperti yang telah membesarkan saya selama ini. Kalau boleh memilih, tentu setiap orang ingin menjadi orang kaya, ingin menjadi orang berkecukupan, ingin segalanya mudah. Namun tidak demikian. Hidup yang telah mengaturnya untuk kita, dan sebenarnya, tidak ada alasan untuk iri terhadap hidup orang lain, karena toh mereka juga tidak meminta demikian.

Kata ‘petualangan’ atau ‘adventure’, bagi banyak orang diartikan bahwa seseorang dalam hidupnya, telah melakukan banyak hal, telah bepergian ke banyak tempat. Seperti misalnya seorang anak yang bersekolah di luar negeri, mencari kerja di luar negeri, maka bisa disebut petualang. Namun menurut saya, hal tersebut sangatlah tidak benar. Hidup adalah petualangan, bahkan dari waktu kita lahir saja, petualangan itu sudah dimulai. Bahkan, bagi orang yang terbaring sakit di ranjangnya, hidupnya itu tetaplah sebuah petualangan yang tidak tergantikan. Merasakan sakit, merasakan putus asa, merasakan stress, merasakan gembira, merasakan tertawa, merasakan ketertarikan, merasakan cinta, itulah petualangan dalam hidup. Terkadang, kejadian-kejadian kecil yang terjadi secara spontan dalam hidup kita, menunjukkan seberapa besar petualangan yang kita hadapi.

Pernah suatu ketika saya bertemu dengan teman lama yang sudah sangat jarang bertemu, bahkan boleh dibilang untuk tahu kabarnya saja pun tidak. Pertemuan di tempat yang tidak disangka-sangka itu, merupakan juga sebuah manifestasi dari petualangan hidup (enggak tau arti manifestasi? Cari di Google). Andai saja kita tidak berpetualang secara aktif dulu, mungkin teman saya yang satu itu tidak akan mengenali saya, dan juga sebaliknya. Segala kebetulan yang terjadi di dunia ini, ditentukan oleh Tuhan, namun manusia yang berusaha agar itu terjadi.

Tidak dapat memilih, hanya dapat mengusahakan. Hal ini maksudnya adalah, apa yang akan terjadi pada kita keesokan harinya, tidak dapat kita tentukan, tidak dapat kita lihat (kecuali oleh mamanya Peter Petrelli). Manusia dapat berusaha, namun Tuhan juga yang menentukan. Kita tidak dapat memilih, bahkan pekerjaan apa yang akan kita dapatkan. Kita hanya dapat berusaha, dan apabila setelah berusaha apa yang diimpikan tidak tercapai juga, anggaplah Tuhan memberikan alternatif lain, memberikan cara yang lebih pas untuk kita dalam berusaha. Sulit sih, tapi rencana Tuhan selalu lebih baik kok. Hehehehe…

Sekarang hari sudah berganti, 12:05 dan tanggal sudah berubah menjadi 17 Oktober 2008. Artinya sang kekelawar malam ini sudah harus tidur. Sudah melewati target ini. Lebih dari jam 12 nih, hehehehe… Akhirnya, semoga petualangan baru yang saya jalani saat ini, memberikan banyak pengalaman, banyak kebahagiaan, bagi saya dan bagi orang-orang di sekitar saya. Dan yang membuat petualangan hidup serasa lebih nikmat adalah: weekend sebentar lagi ^^

See you…

Regards,
Xander™

5 responses to this post.

  1. Posted by cilpi on October 17, 2008 at 7:37 am

    mo komen dikit di pagi hari soal blog u yg ini lek
    hehehe

    kl menurut aku dalam hidup kita selalu ada pilihan, malahan menurut aku hidup adalah pilihan

    kadang dalam hidup dihadapkan pada pilihan2 yang tidak enak dan membingungkan…msh mending kl option A jelek n option B bagus kita pasti ga usah bingung…tp sayangny seringkali pilihan ga segampang itu

    tp aku percaya dr hasil pilihan kita thd option A n B msg2 pny resiko n keuntungan msg2
    bahkan ketika kita ambil keputusan buat ga milih sama skali juga ada resikony
    stl kita memilih itulah kita hny bs berusaha semaksimal mgkn thd pilihan kita sendiri n selanjutny terserah Tuhan

    sekian lek
    CMIIW
    sori kl rada pjg….wakakakka

    Reply

  2. tolong.. cilpi ci cok imut cedang curhat..

    memilih sesuatu = berarti mengorbankan sesuatu yang laen.. terkadang kenapa jadi begitu susah..

    weekend sisa 2 jam.. wohooo… happy weekend mbek…

    Reply

  3. aduh xander, kenapa belakangan ini kata2 lu jadi serius amat yak?😛

    Reply

  4. Posted by Xander™ on October 17, 2008 at 6:58 pm

    @cilpi:
    hidup memang pilihan cil, namun bagaimanapun pilihan kita, itu masih dalam level usaha manusia… hehehe… teruslah berusaha, dan berdoa…😀

    @adrian:
    happy weekend dri…

    @pucca:
    iya nih, sabar aja, nanti jg keluar kok yg versi jayuz… lagi pengen serius dikit nih😛

    Reply

  5. Posted by cilpi on October 19, 2008 at 8:34 pm

    @adrian :
    daku ga curhat dri :-L …daku komen blog ny alek…coz alek nulisnya “Kita tidak dapat memilih”

    o iy btw daku emg imut…bukanny sok imut….hihihi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: