17th of July 2009

9 orang dilaporkan meninggal! Manchester United membatalkan turnya ke Jakarta! Hari Jum’at 17 Juli 2009 jadi hari yang ga terlupakan buat orang Indonesia, khususnya di Jakarta. Pagi itu gue jam setengah 9 di-sms oleh tante gue yang ada di Bandung, isi smsnya kira-kira: “Ada bom di Mega Kuningan, di Hotel J.W.Marriot dan Ritz Charlton. Hati-hati.” Pertama gue kira itu hoax (no link sih…), soalnya kok yang ngasih tau orang Bandung, temen-temen di Jakarta ga ada yang kasih tau tuh… tapi waktu gue naik dan ketemu temen-temen ternyata mereka lagi pada ngeributin hal itu juga. Dan ternyata memang beneran, dua hotel ternama itu diguncang bom oleh suicide bomber. Wadow… kumat lagi nih aksi terorisme di negara kita sendiri… Kenapa saat lagi tenang-tenangnya, lagi bergerak maju ke arah yang lebih baik, kita masih saja harus mundur dan kembali ke masa-masa teror?

Sontak setelah kejadian pagi itu (mulai deh gaya-gaya pembawa berita nih bahasanya), macet terjadi di seluruh Jakarta, n orang-orang pada ngomongin soal bom seharian, bahkan hingga seminggu setelahnya, dan sampai hari ini. Gue sendiri bersyukur gue masih dikasi kesempatan sama Tuhan Yesus, buat ngelanjutin hidup gue, buat tetap berusaha berada di jalan-Nya. Pagi itu juga gue langsung sms om gue yang ada di daerah Kuningan. Tuhan masih menyelamatkan om gue juga, syukur deh…

Sebenernya, apa sih yang ada di pikiran para pengebom itu, membela agama? Gue rasa bukan. Agama manapun enggak ada yang mengajarkan dan menghalalkan pembunuhan. Benci Amerika? Gue rasa juga konyol kalo itu alasannya. Ini Indonesia bung, bukan Amerika. Kalo benci sama Amerika, bomnya jangan di sini donk… biarpun gue juga ga setuju ada pengeboman di Amerika… STOP BOMBING, STOP THE TERROR!

Beberapa dampak yang gue liat akibat dari teror bom kemarin ini ke hotel J.W.Marriot dan Ritz Charlton adalah sebagai berikut:

  1. Hotel ancur… jelas lah ya… ini gambarnya:

    Jakarta Terror 170709

    Jakarta Terror 170709

  2. Banyak orang meninggal dan luka-luka… kalo 9 orang meninggal masih dibilang dikit, berarti tu orang bener-bener bukan manusia.
  3. Ekonomi Indonesia terguncang, meskipun saat ini masih bisa rebound cukup baik dari peristiwa itu.
  4. MU ga jadi dateng, ini pun dampaknya beruntun loh… dari marah dan kecewanya pendukung MU apalagi yang udah beli tiket dan jauh-jauh dateng ke Jakarta just to watch MU, ditambah pedagang aksesoris MU vs Indo yang udah produksi sekian banyak untuk even besar ini, dan juga timnas Indo kehilangan sebuah kesempatan langka yang berharga untuk melatih mental bertanding lawan klub sekelas MU… yang terakhir kerugian yang dialami panitia dan sponsor… sampai-sampai ada episode tambahan dari iklan yang akhir-akhir ini populer:
    Ini Budi
  5. Sektor pariwisata terguncang, travel warning diberlakukan di beberapa negara…
  6. Masyarakat Indonesia ketakutan bila bepergian…
  7. Kepercayaan internasional terhadap keamanan Indonesia kembali turun ke titik 0…
  8. Politik negeri ini tambah keruh karena banyak yang mengait-ngaitkan dengan Pilpres 2009… *sigh*

Namun ternyata temen-temen kita yang aktif di dunia maya tidak gentar dengan ancaman teroris, bila Manchester United gak jadi dateng, maka di Indonesia ada Indonesia Unite. Kalian bisa nambahin ini di twitter, facebook, dan tempat-tempat lain (ga tau gue juga apa, gue nambahin di dua itu aja soalnya hehe). Indonesia Unite adalah sebuah gerakan, sebuah pernyataan sikap bahwa bangsa Indonesia bersatu. So, join laaaaahhh!

Gue dengan ini mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya buat korban bom, juga buat fans MU dan panitia, juga buat seluruh masyarakat Indonesia yang berduka dengan kejadian ini. Semoga Tuhan tetep melindungi kita semua. Amin.

PS: sedikit nostalgia dengan masa lalu, waktu Adrian masih di Indonesia, terjadi sebuah percakapan singkat di Gtalk antara gue dan Adrian waktu mau ngerayain ultah Anton secara surprise:

Adrian: mbek
Adrian:
tar malam jam 12
Alexander:
ui
Adrian:
rayain ultah kojek
Alexander:
oo iya kemarin ga ngomong itu
Alexander:
mo diapain
Alexander:
tar malam kan ya
Alexander:
biasa
Alexander:
jam 12
Alexander:
kue

Adrian:
iya
Adrian:
tar g ma kojek siapin

Sent at 4:24 PM on Friday

Alexander:
bah
Alexander:
kok lu ma kojek

Alexander:
dudutz

Semoga setelah pindah ke Sg, kedudutzannya berkurang…

Regards,
Xander™

5 responses to this post.

  1. Posted by siaeve on July 26, 2009 at 11:43 pm

    percakapan singkat yang ga nyambung ama topik pembahasanO_o

    Reply

  2. Posted by cilpi on July 27, 2009 at 7:43 pm


    bingung aku mo komen apa klo soal teror bom…coz ga hbs pikir…dimana y hati nurani mereka kok tega2nya gitu

    btw apa hubunganny bom ama chat ma adrian y? ooohhh aku tauuu…u kangen ama adrian kan? y kan?? ngaku aja lah lek…hihihi

    Reply

  3. Posted by Xander™ on July 27, 2009 at 11:33 pm

    @siaeve: intermezzo😛
    @cilpi: –a

    Reply

  4. yeahhhh… dan sekarang katanya setelah Nurdin M Top meninggal akan ada bom balasan, hampir semua hotel dan mall pada siaga, pengecek-an makin ketat aje😀

    Reply

  5. Posted by zerocross on August 17, 2009 at 10:56 am

    dari bom terkait ke segala bidang kehidupan ya lek😮

    itu iklannya beneran ada ya , ga tau gw , ga ada tv –‘ wkwk

    btw , itu si adrian lagi mabok ya , wkwk , sama kojek siapin surprise buat kojek :d

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: