The Dreamer

Judul di atas bukanlah judul film, dan gue bukan mau review ataupun preview sebuah film yang gue yakin kalo kalian Googling dengan judul gue di atas akan dapet satu film yang isinya ada adegan 17 tahun keatasnya, tapi bukan film bokep, bukan sodara-sodara, jangan terlalu banyak berharap… dan, oh iya, pemerannya juga bukan si megabintang Miyabi atau Maria Ozawa… gue ga mau nyaingin blognya si Raditya Dika dengan mendompleng kegiatannya yang mau bikin film bareng bintang bokep Jepang… apalagi numpang bugil di Indomaret ngikutin Joko Anwar di Circle K… huyuuhh…

Jadi ceritanya gini. Beberapa hari lalu, waktu gue dalam perjalanan pulang naek motor gue, gue melihat di langit pemandangan seperti ini…

heee???

heee???

Ups, sori sodara-sodara… kesalahan teknis rupanya… gue ralat, pemandangannya seperti ini…

Crescent Moon

Crescent Moon

So, apa yang istimewa dari sebuah bulan sabit di langit item?

Jadi ceritanya, gue waktu kecil, atau lebih kerennya, my childhood, bermimpi untuk jadi seorang ahli astronomi. Yeah, ironic isn’t it? To know then I’d stuck with some codes of programming language and realize that I’d never see the same moon that I’ve seen before? Hahahaha… ga selebay itu lah, gue menikmati kok pekerjaan gue sekarang sebagai programmer, biarpun gak ngurusin bulan lagi, tapi kan tetep nungguin bulan baru (gajian), huahahaha…

Kembali ke ahli astronomi stuff. Gue dulu sangat, gue tekankan, sangat obsessed dengan yang namanya benda langit. Baik itu planet, komet, meteor, asteroid, bintang, galaksi, nebula, lubang hitam, dan lubang-lubang lainnya yang bisa dikenal oleh manusia… ups, ga semua tentunya. Sampe-sampe gue pernah bilang sama bokap gue, gue mau kuliah tentang astronomi aja. Tentu saja, bokap gue dengan bijaknya mendukung penuh… supaya gue ga masuk astronomi. “Ga ada duitnya!” he said. Bener sih. Gue mikir, gue orang Indonesia yang asalnya dari kota yang tidak terkenal, ya ya sekarang terkenal, gara-gara gempa bumi kemarin itu… lalu melihat para peneliti di Boscha yang katanya dulu adalah pusat penelitian benda langit di Indonesia… errrr… *mengurut dada* perkataan bokap gue ada benernya juga…

Gue dulu sangat kagum sama yang namanya NASA, di luar polemik bahwa Neil Amstrong dkk belum mendarat di bulan waktu itu, katanya sih cuma rekayasa kamera, entah deh bener atau enggak. Gue rasa, satu-satunya harapan mau jadi ahli astronomi yang sukses adalah bergabung dengan NASA. Yap, waktu itu gue bulatkan tekad buat jadi anggota NASA nantinya. Tekad sudah bulat, namun nasib berkata lain. Gue masuk IT sodara-sodara. Gue baru punya PC sendiri setelah masuk kuliah. Baru kenal yang namanya Windows juga waktu kuliah, dulu-dulu dah kenal sih, cuma kan gara-gara ga punya PC, jadilah belum kenal-kenal banget. Heran? Ga usah heran. Jaman gue sekolah dulu, di sana bener-bener ‘PC-less’. Ga seperti sekarang. Udah-udah, ga usah cerita soal itu lagi, kok rasanya jadi ndeso banget ya gue…

Kalo ngeliat bulan, apalagi bulan sabit, gue selalu terdorong oleh rasa penasaran dan ketertarikan yang besar, jauh lebih besar daripada gue liat bulan purnama. Biasanya kan orang semakin dilarang semakin penasaran. Liat cewek pake baju seksi lebih penasaran kan daripada liat cewek telanjang? *terdengar protes berat dari penggemar Miyabi* Buat gue, bulan sabit lebih misterius dari bulan purnama. Terkadang gue mikir, apa yang ada di bagian gelap dari bulan, bola yang menggantung di dekat bumi, yang terbawa oleh gravitasi dan mengelilingi bumi senantiasa… Itu baru bulan loh, yang kecil n deket… rasa penasaran gue buat planet-planet, maupun bintang-bintang, jauh lebih besar lagi!

Mimpi tinggalah mimpi. Mimpi menjadi ahli astronomi hilanglah sudah, dan sekarang mimpi gue berganti. Mau tau mimpi gue apa? Jadi orang kaya. Gyahahahaha… kenapa jadi orang kaya? Karena dengan jadi orang kaya, gue bisa ngelakuin apa aja. Mimpi jadi ahli astronomi juga bisa gue wujudkan kalo gue jadi orang kaya. Bikin observatorium pribadi di atap rumah? Wohooo… tenang-tenang, itu baru mimpi kok. Jadi, jangan heran kalo kalian memergokin gue lagi natap langit, menikmati keindahan bulan dan bintang yang bertebaran di angkasa, mengingatkan gue pada impian masa kecil gue…. *melamun*

Gantungkan mimpimu setinggi langit, wokeh Bung Karno, mimpi gue udah setinggi langit, bahkan mimpi gue adalah langit itu sendiri… kapan nyampenya ya? Anyway, ada satu hal lagi yang bikin gue terobsesi sampai sekarang. Silly, but interesting. UFO. Apaa?? Ya, UFO. Alien. Kenapa? Karena dari sekian banyak UFO sightings di seluruh dunia, gue bukan salah satunya yang melihat, bukan juga temen-temen yang gue kenal. Soalnya, menurut logika gue, rasanya mubazir alam semesta segitu gede, yang nempatin cuma kita doank di satu planet yang bentar lagi ancur gara-gara dirusak oleh penghuninya sendiri… (GO GREEN GUYS!!!). Soal UFO ini nanti mau gue bahas dalam satu postingan tersendiri deh, gue rasa penggemar UFO banyak juga di sini…

Ada pertanyaan: Kalo lo suka sama benda langit, kenapa ga jadi Astronaut? Kan bisa langsung ke bulan tuh?

Jawab: Simple, naik kora-kora aja gue takut, apalagi terbang ke Bulan? So, gue memutuskan untuk tertarik ke hal-hal yang aman aja, menjadi peneliti dari darat. Seems more ‘human’ for me.

Temen-temen semua ada ga yang ngalamin hal kayak gue? Punya impian masa kecil yang bener-bener sangat sulit terwujud, misalnya jadi Insinyur (karena orangtuanya ngotot pengen anaknya gelar Ir. padahal udah langka tuh gelar Ir.), atau ada yang bermimpi pengen jadi tukang tahu gitu… anyway, kenapa harus tukang tahu ya? Whatever… kalo ada, sharing di sini donk, gue mau tau pengalaman-pengalaman kalian…

Seems like it’s the end of this post, see you in my next post…

“God gives us dreams a size too big so that we can grow in them. “
~ Unknown

Regards,
Xander™

14 responses to this post.

  1. dolo g mimpi jadi astronot. g juga pernah mimpi jadi astronom. ampe skrg g masih tetep pengen punya teleskop or even mini observatory in my future house.

    dari kelas 4 apa 5 sd g uda mimpi nonton F1 live dan akhirnya terwujud!!!

    tapi masih banyak se mimpi. it’s always great to dream!

    Reply

  2. Posted by tanti on September 28, 2009 at 12:05 am

    udah lama neh aku tidur nyenyak tanpa mimpi

    Reply

  3. Posted by tanti on September 28, 2009 at 12:08 am

    sebenernya, dulu sih cita2 pas kecil standar kok, jadi dokter –‘
    sampe sd kelas berapa ya, tetep aja kalo ditanya, keukeuh jawab dokter
    ternyata pas dah gedean gitu, kaga mao sama sekali jadi dokter, malah pingin jadi bos😀

    Reply

  4. Posted by cecil on September 28, 2009 at 12:17 am

    wah aku dl wkt kecil jg pingin jd astronom (bkn astronot sich), sampe semua buku ttg bintang dan teman2-nya kubaca semua, kebetulan jg wkt kecil tanteku tinggal di bandung dan aku pernah diajak ke bosscha (oke, wkt tk rasanya cuma ingat bukit berumputnya yg luas, wkwkwk), tp waktu lulus sma aku sama temen2 pergi naik kereta + naik angkot dan jalan2 ke bosscha. Tp wkt itu kyknya udah sadar kl jurusan astronomi itu kering banget, dibilangin ama ortu. Jd wkt itu udah daftar elektro, tp ya tetep seneng aja pergi ke bosscha, maklum deh sampe sekarang jg masih seneng soal astronomi ^___^

    Reply

  5. Wkwkwkw.. akhirnya ikut komen juga…
    napa ya profesi astronot tuh banyak digemari anak kecil? dulu aku juga pingin jadi astronot, keren banget kayaknya, tapi gak obsessed. klo ngeliat film2 tentang penelitian luar angkasa (flm2 discovery) tertarik banget, sampai waktu kelas 5 SD, pertama kali belajar pake PC di sekolah, aku jatuh cinta sama PC…
    trus klo liat penelitian tentang luar angkasa, ternyata aku lebih suka sama yang mengolah data tentang luar angkasa pake komputer.. wkwkwkwk.. keren gitu kelihatannya.. angka-angkanya keluar banyak, berderet di monitor kayak fim the matrix.. wkwkwk…
    terus secara gak sadar cita citaku adalah menjadi programmer (gak sadar, soalnya tiap kali ditanyain waktu SMP, bilangnya cita2nya jadi arsitek).
    trus.. gak sadar lagi, ternyata sekarang aku sudah lulus kuliah dengan gelar ST dibidang TI, wkwkwk dan jadi trainee di Adins.. yang baru aku sadari bahwa profesi ini sudah kuinginkan sejak aku kelas 5 SD…

    Reply

  6. Posted by Xander™ on September 28, 2009 at 7:51 am

    @adrian: at least one of your dream has been fulfilled…
    @tanti: –‘ tapi bagus denk, jadi bos… –‘
    @bu cecil: ternyata yang seneng astronomi banyak jg, wkwkwkwk…
    @ami: great! selamat berjuang buat cita2 ini🙂

    Reply

  7. Orang kaya apa lek? Orang kaya kambing😛 :piss: (baca kaya’ = mirip)
    ane dulu cita-citanya malah pengen jadi nelayan =D

    Reply

  8. Posted by tanti on September 28, 2009 at 9:31 am

    @sum: cita2 yang cukup aneh dan gak familiar sih, tapi….. rada aneh sih, wkwkwkwk😀
    but its ok sum, berjuanglah demi cita2 mu 😀

    btw, aku juga sama sekali gada cita2 jadi programmer, jangankan cita2, kepikiran ae kagak T__T

    Reply

  9. Posted by cilpi on September 28, 2009 at 8:28 pm

    hehehe…cita2 masa kecil y lek
    klo cita2ku masa kecil mlh jd guru…hahahaha
    dulu klo diblg jd guru itu gaji ny kecil tetep aj cuek…
    klo ga salah ampe kls 6 SD klo ditanya cita2 ny apa jawabny tetep mo jd guru
    tp ntah sejak kpn cita2ku berubah n mule mikir : iy y kyk ny gaji guru ga gede…wakakaka

    Reply

  10. Posted by zerocross on September 29, 2009 at 1:27 am

    hooo , wah ada temen yg tertarik dengan luar angkasa + UFO jg nih :d

    mimpi waktu kecil ? jadi ilmuwan dan pencipta robot ,wkwkw, efek dari ntn doraemon nih -_- , dan waktu kuliah emang ada belajar ttg robot jg , tapi yah lebih ke softwarenya , wkwk , ntah bisa dibilang terkabul ga -_-

    dan btw , katanya bulan semakin menjauh dari bumi setiap tahun -_- , jangan2 ntar liat bulan aja mesti pake teleskop nih :s , but that doesn’t mean our dreams will go away too , right😀 ?

    Regards

    Reply

  11. Posted by Xander™ on September 29, 2009 at 9:43 pm

    @sum: bolehlah kayak apa jg… wkwkwkwk…
    @cilip: jadilah guru di international school, mayan tuh😛
    @alpin: pernah ketemu alien ya pin, kok tambah lama lu tambah mirip alien? wkwkwkwkwk…

    Reply

  12. Posted by zerocross on September 29, 2009 at 10:08 pm

    wkwk
    sejauh yg gw ingat belum ketemu alien lek -_- , kyknya u salah liat orang kali :d

    Reply

  13. Kalo gw mbek, jaman kecil pengennya jadi dokter. Kenapa? Karena bokap nyokap aja nurut sama dokter, padahal gw nurut sama bonyok gw, jadinya gw kira dokter itu adalah orang yang paling berkuasa di dunia. Tapi mimpi gw segera berganti, karena gw liat, Ksatria Baja Hitam lebih kuat dari dokter, jadinya ya gw mimpi gw beralih: Gw mo jadi Pilot aja (lho ga nyambung…)

    Reply

  14. low w pengen jd pengusaha sukses LOL

    Reply

Leave a Reply

